Jumat, 29 Agustus 2008

ANTIOKSIDAN ALAMI Hapus Likopen

Merah berarti berani. Tetapi untuk buah dan sayuran, merah adalah perlambang
Dari kekayaan kandungan antioksidan. Buah dan sayuran seperti itu ternyata mampu
Menangkal berbagai penyakit degeneratif.

Anda yang sering menjadi perokok pasif, secara tidak sengaja menghirup asap knalpot atau sering berada dalam ruangan ber- AC yang tidak pernah ada sirkulasinya. bersiap-siaplah menjadi korban selanjutnya penyakit ISPA, paru-paru sampai kusamnya raut wajah dan kulit. Tidak hanya anda sebagai marketing atau operator, anda pun yang berada di belakang meja juga harus mewaspadai berkurangnya antioksidan dalam tubuh kita .
Likopen terdapat dalam buah-buahan berwarna merah seperti tomat, semangka,jambu biji, pepaya merah, stroberi,jeruk bali merah dan delima. Likopen merupakan pigmen karotenoid yang berwarna merah. Pigmen ini termasuk ke dalam golongan senyawa fitokimia yang mudah ditemui pada tomat dan buah-buahan lain yang berwarna merah.
Pigmen ini juga terdapat di dalam darah manusia, sekitar 0,5 mol per liter darah. Nama Likopen diambil dari spesies tomat, yaitu Solanum lycopersicum, karena memang kandungan likopen dalam tomat cukup tinggi dibandingkan di buah lain. Likopen memiliki rumus kimia C4OH56 yang terdiri dari banyak ikatan rantai ganda yang saling berkonjugasi.
Setiap ikatan rantai ganda yang diperlukan untuk elektron bertransisi ke tingkat energi yang lebih tinggi, sehingga molekul dapat menyerap sinar tampak pada gelombang yang lebih panjang. Hal inilah yang menyebabkan likopen dapat menghasilkan warna merah. Warna merah ini dapat tereduksi bila likopen teroksidasi akibat proses pemanasan atau reaksi dengan asam.
Adapun manfaat dan keunggulan dari likopen sebagai berikut :

1. Anti Kanker
Likopen telah mencuri perhatian para ilmuwan pangan karena diduga bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker, terutama kanker prostat. Sebuah penelitian yang melibatkan 473 pria yang dilakukan di Universitas Yale menunjukkan fakta, bahwa pria yang sehat (bebas kanker prostat) memiliki lebih banyak kadar likopen di dalam darahnya dibandingkan mereka yang menderita kanker. Penelitian lain di Universitas Harvard juga membuktikan bahwa pria yang mengkonsumsi likopen dalam jumlah banyak memiliki resiko penyakit kanker lebih rendah, Khususnya kanker prostat.
Ada lagi penelitian yang melaporkan bahwa wanita yang mengkonsumsi tomat minimal tiga buah dalam seminggu memiliki resiko terkena kanker tulang tengkuk 40 persen lebih rendah daripada tidak mengkonsumsi. Selain itu Likopen dapat mengatasi kanker lambung yang disebabkan oleh infeksi Helicobacter pylori.
2. Tingkatkan Gairah Seks
Konsumsi Likopen diyakini juga dapat meningkatkan kualitas seks. Likopen dapat meningkatkan jumlah sperma, memperbaiki struktur sperma, dan meningkatkan agresivitasnya. Dengan demikian likopen otomatis dapat meningkatkan fasilitas fertilitas seorang pria. Likopen merupakan salah satu dari 650 jenis karetenoid yang secara normal terdapat dalam konsentrasi tinggi pada testis.

3. Antioksidan
Aktivitas antioksidan likopen dua kali lebih kuat dibandingkan betakaroten dan sepuluh kali lipat lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin E. Jadi reaksi likopen sebagai antioksidan didalam tubuh lebih baik daripada vitamin A,C,E maupun mineral lainnya. Karena sifat antioksidannya tinggi, maka likopen sangat baik untuk perokok ringan ataupun perokok pasif. Asap rokok diketahui mengandung NO cukup tinggi. NO dapat bereaksi dengan oksigen membentuk radikal bebas NO2 yang sangat berbahaya. Dalam penelitian, kehadiran likopen secara invitro sangat efektif untuk melindungi limfosit dari radikal bebas NO2.

4. Atasi Diabetes
Survei pemeriksaan Gizi dan kesehatan nasional di Amerika Serikat meneliti pengaruh makanan kaya karetenoid terhadap kadar gula darah penderita diabetes melitus. Penelitian itu melibatkan 1.010 orang sehat, 277 orang pengidap pra-diabetes yang mengalami gangguan toleransi glukosa, dan 148 orang pengidap diabetes. Setiap responden diambil sampel darahnya dan diukur kadar kelima macam karetenoidnya, yaitu alfakaroten,betakaroten, lutein-zakaroten,kriptoxantin dan likopen.


7 CARA MENDAPATKAN LIKOPEN KONSENTRASI TINGGI

Dengan mengkonsumsi buah-buahan berwarna merah, kandungan likopen didalamnya akan masuk dan diolah oleh tubuh kita. Hebat likopen, zat ini tahan terhadap proses pemasakan dan tidak cepat rusak. Sebagai contoh, kandungan likopen pada tomat rebus tidak jauh berbeda dengan tomat segar.
Berikut cara mendapatkan Likopen dalam jumlah tinggi:

1. Likopen dalam jus tomat yang telah melalui proses pemanasan lebih banyak diserap dibandingkan dengan jus tomat yang tidak diolah.
2. Konsumsi jus tomat yang sudah dimasak pada medium minyak akan menghasilkan kenaikan konsentrasi likopen dalam darah sekitar dua sampai tiga kali lipat dibandingkan yang mentah.
3. Proses pemasakan, pemotongan, ataupun pencincangan dapat mempertinggi ketersediaan biologis likopen dengan cara memecah dinding-dinding sel yang kukuh menjadi bagian-bagian yang lebih siap pakai, sehingga membuat likopen lebih mudah diambil.
4. Konsumsilah tomat sebanyak 400 – 600 gram sehari. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat likopen secara maksimal adalah dengan mengukus tomat sekitar 5-10 menit hingga kulit luarnya terkelupas. Tujuannya supaya matriks yang menempel pada kulit luar itu terlepas. Dengan demikian, likopen yang terikat dengan matriks bisa dilepaskan secara mudah.
5. Lebih baik mengkonsumsi buah-buahan segar dan produk olahannya daripada suplemen likopen.
6. Omega 3 pada seafood akan meningkatkan efektivitas dari likopen itu sendiri. Sebagai fitokimia, likopen juga memiliki sifat toksin, sehingga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.
Nah, anda yang sehari-hari bekerja aktif sudah saatnya mengenal antioksidan alami yakni likopen. Selain tomat, likopen juga terdapat di buah aprikot,cabe merah, anggur,saus pizza,saos spaghetti, dan jus sayuran. Selamat mencoba. ###

*)HEALTYNEWS

Tidak ada komentar: