Selasa, 18 November 2008

E-Learning Penjas, Mungkinkah ??

E-Learning dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah "maya". Definisi E-Learning sendiri sebenarnya sangatlah luas, bahkan sebuah portal / web besar yang menyediakan informasi tentang suatu topik dapat tercakup dalam lingkup e-learning ini. Namun, istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar mengajar yang ada di sekolah ke dalam bentuk digital yang dijembatani oleh teknologi internet.
e-learning merupakan istilah untuk pendidikan yang disampaikan dengan banyak pengertian. Dimasa lalu, hal ini termasuk digunakannya komputer mainframe, floppy diskette, CD-ROM multimedia, dan videodisk interaktif. saat ini, teknologi Web (Internet dan Intranet) telah menjadi media penyampaian yang paling digemari. Di masa depan, e-Learning akan disampaikan menggunakan PDA's (misalnya Palm Pilot dan POcket PC) bahkan lewat piranti wireless seperti telepon selular. ini merupakan hal baru, bentuk pendidikan bergerak (mobile education)yang disebut dengan m-Learning.
Harus diakui bahwa tujuan e-Learning menitikberatkan pada efisiensi proses belajar mengajar. Cara pengajaran maupun materi ajar tetap mengacu pada kurikulum nasional. Konsep Knowledge Management, belajar mandiri yang berbasis pada kreativitas siswa, akan mendorong siswa melakukan analisa hingga sintesa pengetahuan, menghasilkan tulisan, informasi dsn pengetahuan sendiri menjadi fokus yang lebih mengarah ke masa depan. Siswa tidak lagi dibombardir dengan doktrin ilmu pengetahuan tetapi juga lebih dirangsang untuk mengeksploitasi pengetahuan dan menjadi bagian integral proses pemurnian pengetahun itu sendiri.
Dari uraian diatas, ada satu pertanyaan yang timbul dalam benak saya, mungkinkah e-learning penjas akan ada di negeri ini ???

Semoga,

A.Komarudin
ICT FOR SPORTS EDUCATION

Tidak ada komentar: